Kenapa Motor saya sulit di starter?

Posted by on

Kenapa Motor saya sulit di starter?-Saya punya motor Vega ZR thn 2012, baru beli sekitar 6 bulan lalu. Pada bulan ke 5, motor saya sudah susah distarter tangan, kalau mesin dingin harus distarter kaki (engkol). Apalagi kalau pagi hari, kadang distarter kaki (engkol) saja susah mau hidup. Saya sudah cek air akinya, sudah saya tambahkan sampai batasnya. Trus saya juga sudah pergi ke dealer Yamaha untuk setrum Akinya. Habis setrum, motor emang bisa distarter tangan, tp besoknya lagi kembali semula, sulit distarter tangan, kadang mau kadang tidak. Motor aku emang jarang pakai jauh, sudah 6 bulan baru 3560 km. Jadi gimana solusinya?

Jawaban Terbaik:  kalo boleh nebak, kayanya motornya jarang dipake dan jarang dipanasin ya? kuantitas setrum aki memang bisa menurun kalo motor jarang dipanasin. tapi musti dicek juga penyebab kenapa setrum aki bisa cepet abis, paling sering penyebabnya ada kebocoran di bendik stater atau kurangnya supply listrik dari sepul dan kiprok, coba diklaim dulu ke dealer yamaha mumpung masih garansi. selain itu hal2 simpel juga bisa jadi penyebabnya, seperti baut terminal aki longgar, konektor kabel dinamo stater longgar, dll, coba dicek dulu satu2. 

tips untuk menjaga keawetan setrum aki, penggunaan stater elektrik juga jangan pake nafsu, sekali pijit jangan lebih dari 2 detik, jeda antara pijit stater pertama kedua dst (kalo mesin ga idup2) minimal sekitar 5 detik. pagi hari, sebelum nyalain kunci kontak, coba diengkol beberapa kali, tujuannya biar oli bersirkulasi dan kerja dinamo stater ga berat karena komponen2 mesin udah terlumasi oli. kalo bisa, nyalainnya pake engkol aja biar setrum aki ga tekor. kalo memang suhu udara di sekitar rumah cenderung dingin, usahakan untuk menggunakan cuk agar mesin mudah nyala. usahakan untuk sering2 memanaskan motor sekalipun motornya tidak dipakai keluar rumah, bukan hanya untuk menjaga komponen mesin agar terlumasi oli dan tidak berkarat, tapi juga biar sepul mengeluarkan listrik dan mengisi setrum aki
logoblog

» Thanks for reading: Kenapa Motor saya sulit di starter?