BAHAYA Tidur Di Samping Gadget!

Posted by on
BAHAYA Tidur Di Samping Gadget! - suka tidur dengan keadaan gadget ada di samping? Mulai sekarang lebih baik dihindari! Seiring berkembangnya jaman, semua hal memang bisa dilakukan menggunakan gadget, sehingga banyak orang yang menjadi ketergantungan dengan gadget sampai-sampai tidak bisa terpisah dari gadget.

Namun seperti yang dilansir dari Health.com, hal itu justru berbahaya bagi kesehatan. Meletakkan ponsel/gadget di samping tubuh saat tidur bisa meningkatkan resiko pertumbuhan tumor dalam jumlah tinggi.

Hal ini disebabkan oleh layar LED yang terdapat pada gadget mengeluarkan semacam cahaya biru yang bisa menghambat produksi hormon melatonin yang bisa mengganggu waktu tidur dan mengganggu irama sirkadian atau jadwal tidur biologis alam bawah sadar.

Cahaya biru itu memancarkan gelombang panjang yang mirip dengan cahaya saat siang hari sehingga tubuh bisa berpikir bahwa hari itu adalah siang hari dan mengacaukan waktu tidur. Ponsel juga memiliki sifat karsonegenik yang menjadi penyebab kanker yang disebabkan oleh gelombang elektromagnetik yang dapat menyebabkan pertumbuhan tumor.

Kebiasaan ini akan sangat berbahaya efeknya pada anak-anak yang masih rentan karena kulit dan tengkoraknya lebih tipis dibanding orang dewasa sehingga resikonya lebih besar.

Meski radiasi gelombang elektromagnetik ini kadarnya kecil, namun jika terjadi setiap hari, hal ini bisa menambah efek radiasi. Lebih baik letakkan gadget 3 meter jauhnya dari tempat tidur dan matikan jika sedang tidak dibutuhkan.

Jadi, yuk hindari tidur di samping gadget untuk jaga kesehatan! ^^
logoblog

» Thanks for reading: BAHAYA Tidur Di Samping Gadget!