Perbedaan Pageviews Dan Visitor Pada Blog

Posted by on

Pageviews

Pageviews secara singkat bisa diartikan sebagai jumlah total halaman yang dilihat oleh pengunjung suatu website/blog pada jangka waktu tertentu. 1 Pengunjung sudah pasti akan menghasilkan 1 Pageview. Jika 1 pengunjung tersebut membuka 5 artikel di sebuah blog, maka pageview akan bertambah 5, tetapi Visitor masih tetap 1. Semakin banyak visitor, maka akan memungkinkan blog tersebut mendapatkan Pageview yang banyak.
 
 

Visitor

 

Visitor secara singkat adalah jumlah total pengunjung yang mengunjungi suatu website atau blog pada jangka waktu tertentu. Visitor juga merupakan pengunjung yang sedang membuka blog kita, baik membuka karena sengaja, maupun membuka karena tidak sengaja seperti nyasar atau kebetulan.Sebanyak apapun seorang visitor membuka halaman pada sebuah blog, maka visitor yang terhitung tetaplah 1 meskipun ia membuka 100 halaman sekaligus.
Intinya, visitor atau pengunjung bisa datang dari berbagai jenis sumber, seperti search engine (google, yahoo, bing, dsbg.), direktori (technorati, w3-directory, dsbg), social bookmark (lintasme, facebook, twitter, dsbg.), dari blog atau web lain atau dari bookmark browser yang dibuat oleh pengunjung sendiri. Sedangkan pageviews mengacu pada jumlah total halaman yang ditayangkan atau dilihat oleh pengunjung. Keduanya memang saling terhubung, dan keterhubungan antara pengunjung dan pageviews itulah yang kemudian kita sebut dengan Traffic.

Jumlah visitor yang banyak belum tentu pageview-nya banyak. Mengapa demikian? 
Misalnya saja suatu blog memiliki visitor berjumlah 100 orang, jika masing-masing visitor hanya membaca 1 halaman, berarti pageview-nya hanya 100, sedangkan misalnya di blog lain, jumlah visitornya 50, dan masing-masing visitor tersebut melihat 8 halaman, berarti pageviewsnya 400. Bayangkan saja jika yang datang 100 lalu masing-masing membaca 10 halaman, maka kalian juga akan mendapat pageviews sebanyak 1000.

Kesimpulannya, jumlah visitor yang banyak tidak menjamin jumlah pageviews yang  lebih banyak pula. Sebaliknya jumlah visitor yang lebih sedikit pun belum tentu pageviewsnya akan lebih sedikit dari yang dibandingkan sebelumnya.
Maka dari itu, buatlah konten yang original serta membuat pengunjung betah berdiam diri di depan layar pc hanya untuk membaca artikel di blog kalian, agar  bisa mendapatkan sbuah trafik yang tinggi, yaitu, Visitor banyak, pageviews pun lebih banyak.
 
 
 
 
logoblog

» Thanks for reading: Perbedaan Pageviews Dan Visitor Pada Blog