Cara Mudah Untuk Mengurangi Resiko Masalah Jantung

Posted by on
Masalah jantung merupakan ancaman besar bagi orang-orang yang pada akhirnya menyebabkan kematian. Ada banyak langkah yang dapat diambil untuk meminimalkan masalah jantung. Penyakit jantung terjadi akibat penyempitan pembuluh darah yang bertanggung jawab atas suplai darah, oksigen dan nutrisi ke jantung.



Hal ini lebih dikenal sebagai penyakit arteri koroner dan dapat dikaitkan dengan kondisi yang dikenal sebagai aterosklerosis. Selain itu, kejang arteri yang dipicu oleh merokok, stres emosional yang ekstrim atau paparan suhu yang sangat dingin mungkin juga bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah.

Berikut adalah beberapa kebiasaan yang harus Anda perhatikan untuk mengurangi risiko masalah jantung:

Berhenti Merokok.
Jika Anda memiliki kebiasaan merokok, maka Anda perlu untuk memikirkannya lagi. Merokok merupakan penyebab utama penyakit kardiovaskular pada pria dan wanita, dan serangan jantung paling banyak terjadi akibat merokok. Di atas semua itu, jika Anda sudah menjadi korban penyakit jantung kemudian melanjutkan merokok bisa memperburuk keadaan. Juga, penting bahwa Anda menghindari merokok pasif.

Menurunkan Kolesterol
Jika Anda memiliki kadar kolesterol darah, maka itu adalah suatu kondisi yang dapat meningkatkan peluang Anda terkena penyakit jantung koroner. Bila Anda memiliki terlalu banyak kolesterol dalam darah maka kolesterol akan mengendap pada dinding bagian dalam arteri sehingga mempersempit arteri dan memungkinkan darah kurang untuk melewati arteri ke jantung. Anda harus mencoba untuk mencapai kolesterol total di bawah 200 mg / dL, kolesterol LDL di bawah 130 mg / dL dan HDL di atas 35 mg / dL. Kolesterol LDL, yang merupakan low-density lipoprotein merupakan kolesterol jahat dan HDL adalah high-density lipoprotein merupakan kolesterol baik.

Berolahraga
Ada banyak bukti yang menunjukkan efek positif dari olahraga, dari intensitas sedang hingga parah biasa, setiap jenis latihan akan baik untuk kesehatan jantung Anda. Bahkan hanya berjalan harian setengah jam saja bisa memberikan dampak besar terhadap kesehatan jantung, Anda tidak benar-benar perlu untuk pergi ke gym. Olahraga teratur membantu Anda mempertahankan berat badan dan juga mengurangi resistensi dan risiko diabetes mellitus non-insulin-dependent. Hal ini menjadi faktor risiko penyakit kardiovaskular, dan tampaknya hal ini lebih sering terjadi kepada wanita dibandingkan pada pria. Sekitar setengah dari seluruh kematian pada pasien dengan diabetes mellitus non-insulin-dependent adalah karena penyakit jantung.

Makan Sehat
Diet merupakan memiliki peran penting bagi Anda untuk mengurangi risiko masalah jantung. Ketika Anda mendapatkan berat badan ideal, isi dari tubuh anda kadang-kadang berisi lemak daripada otot dan Anda harus mengurangi lemak berbahaya sehinggalemak yang menempel pada tubuh anda menurun. Cobalah untuk kurangi makan makanan berlemak, khususnya mereka yang berasal dari daging, lemak jenuh, dan juga makan lebih sedikit garam. Anda harus juga mengkomsumsi buah-buahan dan sayuran yang merupakan bagian utama dari diet Anda dan ketika menyukai susu, pilih yang rendah lemak. Juga sebaiknya jangan mengkonsumsi alkohol berlebihan.
logoblog

» Thanks for reading: Cara Mudah Untuk Mengurangi Resiko Masalah Jantung