Rahasia di Internet Dengan Menggunakan VPN

Posted by on
Internet dapat menjadi tempat yang mengerikan dalam akses informasi. Bagaimana cara Anda melindungi diri? Ada beberapa cara agar Anda dapat 'surfing' atau online di Internet secara aman dan rahasia. Salah satu solusi terbaik adalah menggunakan VPN atau Virtual Private Network.
Kerahasiaan dalam dunia Internet, pada intinya adalah mengenai privasi dan hal-hal yang terkait dengannya, dimana seseorang dapat melakukan aktivitas melalui Internet tanpa memberikan informasi mengenai dirinya.
Tetapi tidak terbatas hanya kepada informasi user saja, melainkan juga mencakup lokasi dan informasi dalam komputer. Jadi kerahasiaan ini harus tidak memperbolehkan siapapun melacak kembali ke pengguna atau user-nya.
APA ITU VIRTUAL PRIVATE NETWORK?
VPN (Virtual Private Network)
Singkatnya, VPN adalah solusi yang sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk menjaga komunikasi internal hanya berada dalam perusahaan itu saja. Ditujukan juga agar para karyawan dapat terhubung dengan aman ke jaringannya walaupun ia berada di luar kantor atau perusahaan tersebut.
Dengan mengakses jaringan melalui klien VPN, semua aktivitas Internet dan komunikasinya akan diarahkan ke komputer 'middleman' (penengah), yang dapat berupa satu komputer atau lebih. Alamat IP Anda akan disamarkan termasuk lokasi sebenarnya dimana Anda berada. Tentu saja ini akan membuat seseorang susah mengikuti Anda secara online.
CARA MENGGUNAKAN
cara menggunakan vpn
Jika Anda ingin mencoba atau menggunakan teknologi ini, cukup mudah. Pertama, Anda harus me-install server VPN (seperti OpenVPN karena dapat berjalan di semua sistem operasi) pada sebuah komputer yang ingin Anda jadikan samaran, bukan komputer tempat Anda mengakses Internet.
Lalu jalankan Klien OpenVPN pada komputer tempat Anda akan melakukan akses Internet atau browsing. Sekarang, Anda akan mengakses Internet secara rahasia dimana jika ada orang yang melacak keberadaan Anda, maka yang akan ia temukan adalah keberadaan komputer yang telah di-install server VPN, bukan komputer Anda.
Jika Anda tidak ingin disusahkan dengan pengaturan lainnya, ada alternatif lain selain OpenVPN, yakni AnchorFree. Gratis, walaupun akan ada iklan, dan jika Anda tidak ingin ada iklan Anda dapat membayar $ 30 (sekitar 290 Ribu Rupiah). Anchor Free akan menangani dan merahasikan semua traffic Anda, bahkan ia juga akan mengecek apakah ada malware sebelum memberikan Anda informasi terkait.
--
Ada juga cara lebih sederhana jika Anda tidak ingin me-install sendiri. Anda dapat membayar orang atau perusaah keamanan Internet untuk me-install VPN. Memang mungkin agak mahal, tetapi mana yang lebih mahal jika dibandingkan dengan informasi mengenai Anda dan dalam komputer Anda?
logoblog

» Thanks for reading: Rahasia di Internet Dengan Menggunakan VPN