The Naked Sea, Proyek Kontroversial Dari Laut Mati

Posted by on

Seorang fotografer Amerika, Spencer Tunick menggagas sebuah proyek yang dinamakan “The Naked Sea”. Dalam proyek ini, Tunick hendak mengambil gambar seribu pria dan wanita yang  berenang tanpa busana di Laut Mati. Proyek ini rupanya bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan pemerintah Israel untuk melakukan vote agar Laut Mati menjadi satu dari Seven Wonders yang akan diumumkan November mendatang.
 
                Selain untuk menarik minat masyarakat terhadap Laut Mati, proyek ini juga bertujuan meningkatkan kesadaran warga Israel dan dunia mengenai keberadaan Laut Mati. Rupanya beberapa ilmuwan telah memprediksi bahwa bisa saja mengering pada tahun 2050. Hal ini telah terlihat dalam beberapa tahun belakangan. Dimana garis batas air yang terus menyusut serta tinggi permukaan Laut Mati yang terus semakin rendah.

                Tunick menyatakan bahwa pemotretan telanjang ini bukan tanpa esensi. Bagi Tunick hal ini memiliki esensi sebagai betapa terbukanya Israel menerima para tamu dan orang-orang asing ke negara mereka. Lewat fotonya yang menangkap objek tanpa busana, Tunick ingin mengatakan bahwa Israel bukanlah negara dengan penduduk yang ekstrim terhadap kepercayaan yang mereka anut.

                “The Naked Sea” rupanya tidak berjalan tanpa kontroversi. Banyak pihak-pihak di Israel sendiri yang merasa proyek ini tidak tepat dan dapat menyinggung beberapa pihak. Bahkan salah satu Rabbi (pemuka agama Yahudi) juga telah mengingatkan Tunick untuk tidak melaksanakan proyeknya. Selain itu beberapa keluarga yang bermukim dekat dengan lokasi Tunick melakukan pemotretan, mengancam akan menghubungi polisi untuk menggagalkan aksi ini.

                Untuk mengatasi segala ancaman tersebut, Tunick dan timnya masih merahasiakan dimanakah lokasi pemotretan ini. Tunick pun mengaku sangat paham mengapa banyak kontroversi mengenai proyeknya tersebut, namun ia akan tetap melaksanakannya sesuai dengan rencana. Sementara itu objek fotonya sendiri, para pria dan wanita yang rela difoto telanjang ini, tidak hanya datang dari Israel, tapi juga dari berbagai belahan dunia lainnya. 
logoblog

» Thanks for reading: The Naked Sea, Proyek Kontroversial Dari Laut Mati